Bye

March 31, 2015



Haiii sudah lama tak jumpa dengan tampilan dasbor blogspot yang hampir bedebu ini. So, apa kabar semester 2? baik kah buruk kah atau nothing different dari semester 1 yang lalu? yang gue rasakan, di semester dua ini jelas pasti beda sama semester satu yang lalu beda tingkat beda cerita haha, kalo semester satu kan kayak baru..ehm ya istilahnya perkenalan gitu mulai mencoba mengenal kampus, ruang kelas serta mata kuliah dan para dosen yang ngajar ga ketinggalan dengan tugas-tugas yang mulai betebaran disela-sela dengusan napas mahasiswa baru ehm..masih baru. kalo semester 2 ya...naik tingkat wkwk

Di semester dua gue dapet mata kuliah metris disitu kita bahas soal PKM, awalnya gue bingung dan ga ngerti apaan sih itu PKM? akhirnya setelah otak gue merespon semua penjelasan dari dosen dan temen-temen soal PKM akhirnya gue mengerti hiks, PKM itu singkatan dari Program Kreativitas Mahasiswa yang diselenggarakan oleh dikti guna memberikan ruang kepada mahasiswa untuk menunjukan kreatifitasnya, jadi kita para mahasiswa yang mengikuti PKM sangat dibebaskan berpikir sekreatif mungkin dengan ide-ide yang gokil sekalipun hingga memunculkan sebuah inovasi baru. Ada beberapa jenis PKM, yang dibahas di mata kuliah gue cuman dua yaitu PKM Gagasan Tertulis (GT) dan PKM Artikel Ilmiah (AI) PKM ini satu kelompok terdiri dari 3-5 orang, hal yang pertama kali gue dan kelompok gue lakukan untuk mulai membuat PKM ini adalah menentukan judul karena seperti yang kita ketahui judul itu mewakilkan apa yang akan dibahas pada isi...eh iya ga ya (?), nah ini kesulitan yang terjadi pada kelompok PKM gue terenggg nentuin judul nah itu buat nentuin judul aja perlu waktu lama dan banyak pertimbangan belum lagi nentuin kita pilih GT atau AI yaa? bingung sih kalo gue haha. 

Mencoba menjelaskan sekilas apa yang dimaksud dengan PKM GT dan PKM AI, jadi kalo PKM GT itu terkenal akan gagasan-gagasan unik hasil dari pemikiran oleh peserta yang terkadang sulit diterima akal sehat, tapi mungkin untuk diwujudkan misalnya gini kita ambil studi kasus tentang nyamuk..nyamuk itu identik suka membawa penyakitkan salah satu diantaranya penyakit demam berdarah nah gimana caranya nyamuk itu membawa manfaat bagi orang-orang misalnya dengan membawa vaksin untuk memperkuat tubuh manusia jadi ketika nyamuk mulai mengigit permukaan kulit manusia saat itu juga nyamuk mulai mentransfer vaksin kedalam tubuh manusia, keren kan.. bisa dibayangin ga? :D . ya contoh kecilnya seperti itu, GT yang terkenal dengan gagasan-gagasan uniknya walaupun dibebaskan untuk berpikir secara bebas GT juga harus bersifat menawarkan atau memberi solusi atas isu aktual yang ada dimasyarakat ide-ide itu harus bersifat kreatif dan objektif, logis dan sistematis, serta berdasarkan telaah atau fiksi-sains. 

berikut mengenai PKM AI, mencoba menjelaskan secara singkat jadi kalo PKM AI itu berbeda dari PKM lain pada penulisan PKM AI dapat bersumber pada kegiatan yang telah selesai dilakukan kelompok mahasiswa penulis artikel misalnya, studi kasus untuk tugas mata kuliah tertentu, magang, PKM kegiatan, atau praktik lapangan hal tersebut dapat diikutsertakan menjadi PKM, ini misalnya contoh dari mahasiswa UNS yang berhasil lolos dan didanai dikti judulnya ''Tugas akhir sebagai solusi penghapusan UAN di era kurikulum 2013'' jadi membahas detai mengenai persoalan tersebut.

dikelompok PKM gue udah beberapa kali revisi judul kita bingung mau mulai dari mana dan apa dulu yang harus kita bahas, gue dan kelompok awalnya lebih ke PKM AI gitu cuman setelah dipikir-pikir kita mengalami keterbatasan referensi dan kurangnya benefit bagi orang lain dengan judul yang kita bahas waktu itu sempet mau bahas tentang batu giok, seperti yang kita ketahui fenomena batu giok telah menjadi buah bibir oleh khalayak banyak dan itu tadi kurangnya manfaat bagi orang banyak paling yang tertarik cuman yang suka dan tertarik sama batugiok aja. Kita beralih ke PKM GT yaitu membahas tentang manfaat kandungan yang ada pada kulit pisang untuk membantu membersihkan noda pada kendaraan, tapi kayaknya perlu waktu lama untuk membuktikan penelitian ini harus ke lab dan step-step berikutnya, mengingat deadline yang semakin dekat, akhirnya kita mencari ide baru dan lewat ide baru di pikiran temen gue buat ngangkat kulit salak jadi judul PKM dan ya mungkin ini adalah hasil akhir dari ide kelompok gue, btw kulit salak diapain? manfaatnya apaan? ah sudah lah gue ga jelasin itu xoxo dan sekarang lagi tahap progress, yomannn. 

rasanya pengen banget cepet kelar nyelesaiin PKM ini huaa, kalo gue pribadi diawal emang semangat gitu ya kan lumayan sukur-sukur lolos dapet pengalaman+uang tapi setelah dijalani...ternyata semangatku diawal sudah semakin semu dan tak terlihat bahkan jenuh dan tidak berrniat diseriusin kulelah..ga deng *salah fokus*.
intinya kuingin menyelesaikan mata kuliah ini secepatnya bhay.


You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts