Rumah Belajar

February 20, 2016

Image result for rumah belajar bem ui
Rumah Belajar BEM UI, ini adalah salah satu dari program kerja divisi Sosial Masyarakat di BEM UI. 
Gue coba jelasin secara singkat, mengenai Rumah Belajar ini jadi Rumah Belajar ini bertempat di Pusgiwa UI atau Pusat Kegiatan Mahasiswa yang notabene selalu rame dikunjungi seluruh mahasiswa yang berkepentingan atau bahkan yang ga berkepentingan? okelah, secara gitu kan "pusat". Rumah Belajar ini sistimnya semacam bimbel, pendidikan nonformal. 
Siapa aja yang belajar di Rumbel? banyak, dari kelas 1 SD sampe 6 SD, 1 SMP sampe 3 SMP, dan paket C. 
Bimbel ini non-profit, yang penting kegiatan ini membawa manfaat buat orang banyak. Thats the point. Oh ya, pengajar di Rumbel ini ga harus anak BEM jadi seluruh mahasiswa UI yang ingin berkontribusi dan memiliki ketertarikan untuk belajar dan mengajar, bisa bergabung..gue salah satunya.

First, awal gue tau ada Open Recuitment kegiatan ini dari brocast di Official accounts kampus. Awalnya ga tau sama sekali, gue kira kegiatan itu baru ternyata ngga. Sedikit tertarik, tapi mau coba tanya-tanya dulu, kegiatannya ngapain aja..and then, gue berniat mendaftarkan diri. 
Ternyata kesan pertama kali mengajar anak-anak waktu di Tanjungan masih jelas bayang-bayangnya. Seru. That's why, gue mau coba di Rumbel ini.

Setelah menjadi bagian dari para pengajar, kesan yang kedua ini jauh banget bedanya sama kesan yang pertama tapi dua-duanya tetep berkesan. gue ambil kelas 1 SD-3 SD, kenapa gue ambil kelas 1-3? karena di usia mereka masih lucu-lucu ehehe, selain itu mau liat perbedaannya juga antara mengajar di kota dan di desa dulu..dan ya absolutely beda! bukan mau beda-bedain tapi mau ngerasain aja gitu rasanya ngajar di Depok gimana. Anak-anak didesa waktu itu pendiem semua, pada tertutup bahkan gue ga melihat keceriaan dari raut wajahnya kayak tertekan gitu pas pertama kali gue masuk kelas sama partner HAHAHA mungkin waktu itu muka gue nyeremin tapi sumpah gue udah pasang muka se-friendly mungkin. oh yaa kayaknya kelas paling sepi itu ya kelas 1 ini, dan diliat dari jumlahnya yang lebih sedikit dari kelas lainnya.

Tapi, setelah melakukan ice breaking mereka jadi ketawa-ketawa satu sama lain, kan kalo gini enak gue jadi bahagia ngeliatnya, mungkin yang tadi itu reaksi pertama mereka ngeliat orang baru. tegang. Yang membuat gue merasa bertanya-tanya "ini mereka kenapaaa?" setelah beberapa pertanyaan gue tanyain ga ada yang jawab satupun. Kelas sunyi banget. dan ya, wajib banget ice breaking setiap awal pertemuan bahkan disela-sela penyampaian materi ketika gue liat mereka ngerasa bosen karena pada dasarnya seusia mereka lebih intersted untuk bermain..sambil belajar.

By the way, gue baru sadar kenapa mereka pada ga ngerespon gue waktu gue tanya-tanya. 
mereka ga ngerti gue ngomong apa karena bahasa mereka, adalah bahasa sunda yang kental banget. DUH Gusti. Urang sunda teu ngarti basa sunda, kudu piye. finally, seadanya.

Anyway, gue salut sama semangat mereka buat pergi sekolah walaupun jauh  dan ditempuh dengan berjalan kaki belum lagi kalo hujan turun dan jalanan lebih parah dari biasanya dan bagi mereka jarak bukan halangan buat nyari ilmu, dan disinilah yang gue maksud dari "belajar dan mengajar"  kita belajar dari mereka, mereka belajar dari kita karena sejatinya belajar bukan hanya tentang "pelajaran dibangku sekolah" yang gue pelajarin lebih dari itu. Intinya saling belajar dan berbagi sesama, buat gue itu adalah pelajaran yang sangat menyenangkan.

Dan yang ini, kembali ke judul cerita mengenai Rumbel gue ngajar anak kelas 1 sampe kelar..karena udah terlanjur nyaman dan ga pindah-pindah ngajar dikelas lain. Pertama gue ketemu mereka, mereka pendiem juga..tapi lebih cepat beradaptasi sama orang baru. 
Mereka itu macem-macem tingkahnya, ada yang pendiem duduk manis dengerin penjelasan, ada yang maunya jajan mulu ga udah-udah, ada yang rajin bawain makanan buat pengajarnya dibawa dari rumah uuh yang ini paling ku sukak. 
Mereka pinter-pinter, cuma ya itu dia namanya anak-anak pasti lebih suka bermainnya daripada belajarnya, disini gue belajar artinya sabar...ngadepin bocah-bocah kecil yang maunya lari-lari mulu.

Gue inget, namanya nevest dia suka pelajaran matematika setiap belajar matematika selalu mau nambah soalnya bahkan pas bukan belajar matematika dia tetep minta soal hitung-hitungan tapi...kalo susah-susah dia ga mau, maunya dengan bentuk soal yang sama dengan angka yang dirubah aja, hm terkadang memang sulit dipahami. 

Oh yaaa, di Rumbel ini hampir semua anak-anaknya dianter jemput gitu sama orang tuanya atau keluarganya tempat tinggal mereka disekitar kampus UI kalau anak didik kelas 1 kebanyakan dari mereka tinggal di daerah kukusan beji. Yang lainnya gue ga detail tau cuma mereka tinggal disekitaran UI. Begitulah.
Rumbel ini diadain setiap hari sabtu, berhubung gue hari sabtu kebagian jadwal kuliah sampe jam 3 sore, sedangkan rumbel mulai dari jam 1 siang jadi kebanyakan gue dateng di sesi kedua terus selebihnya, kalo ga ada kelas yang jam 1 gue ke pusgiwa..itupun kalo ga...mager entah karena lelah ataupun adanya tugas-tugas kuliah atau bahkan keduanya dan akhirnya ga rumbel. Gitu deng. 

Oke deh sampe dipenghujung akhir catetan ini, gue cerita ga begitu lengkap disini by the way kalo mau tau soal cerita singkat gue ditanjungan itu bisa di liat di postingan sebelum ini ehehe. 
Buat mengakhiri catatan ini, Bonus quotes dari salah satu konselor pengasuh anak kelas Internasional.

"Raising children, raising ourselves" 
-Naomi Aldort

ini yang namanya Nevest , lagi belajar hitung-hitungan

ga tau kenapa foto ini keliatan lucu, yang satu ekspresinya semangat banget buat ngerjain tugas
yang satu lagi...ya begitulah :'D taaapi mereka semua hebat! udah dateng ke sekolah yang lumayan jauh dan tanpa mengeluh.

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts