Unjuk Gigi Tanpa Menyakiti

April 18, 2013


Eits ini bukan unjuk gigi dalam arti yang sebenarnya lho yang kita nyengir selebar mugkin lalu sambil menyakiti orang lain dengan apa gitu *loh -_- bukaan bukaaan not like this guys ..
Jadi gini ceritanya pernahkah mengalami perasaan bangga terhadap diri sendiri? Hmm oke pasti pernahlah ya..bagus kok karena itu adalah hal yang luar biasa yang pernah lo alamin selain itu juga dapat menambah percaya diri kita sekaligus reward atas prestasi yang sudah kita raih atau dalam hal apapun itu. Hmmm atapi guys apa jadinya jika pengakuan diri didapat dengan meninggikan diri sendiri merendahkan orang lain? Masikah wajar jika sikap itu dianggap sebagai salah sau cara untuk unjuk gigi?
Cekedoot......


CONTOH KASUS
Si A bete berat! Tadi siang disekolah, A abis dipermalukan B didepan teman-temannya hanya karena ia belum pernah naik pesawat. Dengan bangganya B berkata, "hah? Kamu sama sekali belum pernah naik pesawat? Ih sekarang kan naik pesawat murah aku aja setiap liburan selalu pergi naik pesawat tuh". Lain lagi dengan kelompok belajar C mereka dibuat panik dengan kata-kata D . D berkata "kelompok kalian belum selesai juga? Lamban sekali tugas kelompok ku saja hari ini mau diserahkan. Mendengar perkataan D...dan C pun lantas terburu-buru mengerjakan tugas padahan deadlinenya msih minggu depan.

DI BALIK SIKAPNYA ITU
Coba tebak, kesan apa yang kita tangkap dari sikap A dan C ? Yap meski beda kasus sikap mereka tadi mengesankan kalau keduanya bermaksud unjuk
Diri (baca:pamer) dengan cara menjatuhkan orang lain.

Sebel? Memang, ketika kita yang jadi korbannya. Saat itu rasa sakit kiita adalah orang yang paling tertinggal sendirian. Belum lagi malunya itu lhoo, karena semua orang jadi tau kelemahan kita. Tapi penasaran nggak sih, kenapa gitu ada orang yang memakai cara menjatuhkan orang lain, untuk membuat dirinya lebih tinggi? Ih gak banget.
Jadi gini..pengakuan diri seperti yg dijelaskan tadi punya tujuan mengupgrade diri atau membuat diri terlihat lebih tinggi.
Kenapa harus diupgrade? "Karena si pelaku ini nih merasa gak yakin dengan dirinya sendiri atau dengan kata lain, ia mengalami krisis percaya diri. Orang ini merasa gak sebaik orang lain. Makanya, si pelaku bakal senang banget jika ketemu orang lain yg kondisinya lebih buruk dari dia".
Cara seperti ini sebenernya semu semakin dia ingin memamerkan dirinya artinya pengakuan buat dirinya dari orang lain semakin kosong alias nggak ada...
Orang kayak gini sebenernya pengin sekali di puji oleh orang lain. Tapi ketika ngga ada orang lain yg melakukan , maka ia bertindak sendiri dan mencari perbandingan lalu menjatuhkan temannya di hadapan orang banyak.

Oke jadi sih ya penting untuk menunjukan diri kita ini loh kita,boleeeh kan setiap orang butuh memamerkan diri juga tapi dengan cara yang wajar gak kaya contoh kasus diatas tadi itu wrong banget .
Ini danpak dari unjuk gigi yang salah :

-makin jauh dari kenyataan
-kesannya sombong
-dan sebagainya

Oke cukup sekian~

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts