Sebut Saja Sejarah

September 22, 2017


source:tumbrl

Anomali paling membingungkan ketika "hati" tidak bisa di prediksi. 
Hati yang memiliki rasa yang bisa datang kemudian pergi, datang lagi dan pergi.
Allah maha membolak balikan hati manusia.

Tidak menutup kemungkinan yang bernama hati yang berperasaan itu memiliki rasa yang sama dengan punya orang lain, terkadang porsi yang di butuhkan selalu berbeda walaupun sedikit...iya, tetap saja ada yang lebih ataupun kurang.

Kadang saya berdialog dengan cermin, untuk berhenti mempertanyakan sesuatu yang tidak atau mungkin saya tidak berani untuk melontarkan pertanyaan yang ada di kepala.
Maka, untuk berhenti mempertanyakan hal itu adalah suatu pilihan. 

Walau, tetap saja masih terbayang tanda tanya.
Tapi, sudah tinggal jauh di sanapun sebenarnya sudah sangat cukup membantu saya merasa sedikit lebih baik. Dengan membuat benang merahnya. Cukup membantu.
Percayalah sejujurnya saya tidak menyukai abu-abu.

Baik. 

Mengutip kalimat Bung Karno, "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya", setiap orang pasti punya sejarah jangankan manusia, satu ranting pohon yang tergeletak di pinggir jalan juga mempunyai sejarah. 
Sejarah itu tidak bisa di ubah, kita hanya perlu belajar dari sejarah tersebut, nyatanya begitu. 

Indonesia, mempunyai sejarah yang memilukan, di jajah oleh Inggris, Belanda, Spanyol, Jepang, Portugis, dan Perancis ya belum lagi di jajah dengan negara sendiri..tapi saya ga akan bahas itu. 
Jadi meskipun banyak peristiwa pelik di masa lalu Indonesia berhasil memenangkan peperangan dengan sangat mengharukan dan penuh perjuangan, tentunya dengan waktu yang lama mereka akhirnya berhasil mengembalikan negara penjajah tersebut kembali ke negaranya masing-masing dan tetap mempertahankan Indonesia dengan segudang polemik yang sedikit dingin pasca jauh di tinggal negara penjajah dan hal tersebut juga bagian dari sejarah penting punya Indonesia yang akan terus hidup tidak lebih sebagai pelajaran, tapi ya kalo di pikir-pikir bersyukur saya lahir di tahun-tahun "aman" setidaknya hingga saat ini kita  "orang-orang" yang sangat beruntung bisa merasakan tidur nyaman di kamar malam ini tanpa gelisah dengan suara gencatan senjata dan ledakan bom dimana-mana. Lain dengan cerita, perseteruan politik masa kini yang membuat..inhale exhale. Huh.

Walaupun, sejarahnya memilukan pasti terselip kenangan tersendiri di setiap peristiwa dan tentu selalu ada hikmah di setiap hal nya. Hingga saat ini, sejarah Indonesia harus tetap hidup dan di pelajari banyak orang kalau tidak dengan sejarah bagaimana kita bisa belajar lebih baik lagi dari yang lalu? Bagaimana kita mencari perbandingan untuk melangkah lebih maju lagi?
Jika kita lihat lebih dalam, sejarah selalu mengajarkan kita sesuatu yang baru, sesuatu yang lebih baik dari sudut pandang yang positif.
Terlepas bagaimana cara kita memandangnya.

Terlepas dari semua susunan kalimat diatas, saya tertarik mengetahui tentang sejarah literally sejarah negeri ini, ya walaupun lebih banyak tidak taunya. Terlebih lagi tentang sejarah diri saya sendiri, asal-usul saya dari mana dan kenapa saya saat ini ada di depan laptop..hmm ya..ya sumpah sih kalo di jelasin ga mungkin banget, tapi ya over all yang ini saya sudah mengerti, manusia yang hidup belum sampai 1/4 abad ini. Sudah bisa membedakan rasa pahit  dan manisnya hidup, setidaknya saya sedang mencoba memahami betul semuanya biar nanti di depan sana saya menjadi sedikit kebal..eh anu..ya bener deh kebal, mama saya bilang sih gitu, ya walaupun kadang sering buta arah dan linglung sendiri sama tujuan hidup, tapi katanya ini wajar. Untuk saat-saat ini.
Tahun terakhir jadi orang linglung deh ini.

Dan pada sisi lain sejarah, saya suka mengenang sesuatu yang indah dengan melihat ke belakang sebentar, dan kadang membuat saya sedikit tersenyum bahkan tertawa.
Sampai saya rindu. 
Bahkan tidak hanya yang indah saja, yang pilu sekalipun saya masih mengenangnya, tidak lebih sebagai sesuatu yang harus di pelajari dan di perbaiki.


Jadi, ini adalah akhir dari tulisan ini dan rentetan paragraf di atas adalah isi dari postingan yang saya beri judul "sejarah", tolong cari kolerasinya antar per paragraf ya, dikarenakan rada ngelantur deh kayaknya  hahaha.
.
.

Kutipan singkatnya begini,
Lampau selalu punya cerita, baik itu menyenangkan atau tidak..tergantung cara kita memandangnya.


Sekian.


[Edited]



You Might Also Like

1 komentar

  1. Masa lalu jangan dilupakan tapi masa lalu bisa dijadikan pelajaran. Mantap!

    ReplyDelete

Popular Posts