Seputar Nasyid

September 22, 2012

pertama gue kenal nasyid itu waktu pertama kali masuk SMAN 5 Depok, kalau di SMP nama itu sama sekali gak pernah terdengar ditelinga gue atau mungkin......ya pokoknya nyaris gak pernah denger kata itu -_- . pertama gue dengar kata itu gue fikir nasyid itu nama orang -..- ternyata salah guys.
Nasyid adalah salah satu seni Islam dalam bidang seni suara.Biasanya merupakan nyanyian yang bercorak Islam dan mengandungi kata-kata nasihat, kisah para nabi, memuji Allah, dan yang sejenisnya. Biasanya nasyid dinyanyikan secara acappela dengan hanya diiringi gendang. Metode ini muncul karena banyak ulama Islam yang melarang penggunaan alat musik kecuali alat musik perkusi kurang tau deh itu kenapa pokoknya menurut informasi atau artikel yang gue baca begitu.

Perkembangan Nasyid saat ini mengalami peningkatan yang pesaaat, terlebih di Indonesia nasyid menjadi suatu yang nge-trand dalam bahasa gaul, hampir di setiap sekolah yang memiliki organisasi Rohis atau Rohani Islam ada Team Nasyid nya masing-masing, terutama di kalangan pelajar SMA. yaaaap salah satunya di sekolah gue di SMAN 5 Depok.
iyaaa..seni suara Nasyid ini baru gue denger di lingkungan sekolah -_-..oiya acappela itu salah satu jenis musik yang tidak menggunakan instrumen apapun. gapake alat musik tetep bisa menirukan bunyi alat musik, keroncong sekalipun. dimainkan secara bersama. it's amazing ;D .

Oiya nih, kan pertama kali gue kenal sama nasyid di SMANLI ada beberapa grup nasyid yang gue kenal nih yang pertama itu ada Bernada acappela dari angkatan #9 kalo gak salah ada 6 personil, salah satu anggotanya ada ketua osis angkatan #9 itu aja yang gue inget yang lain lupaaa. yang ini yang pertama kali gue liat nih waktu acara sanlat pas masuk kelas 10 tuh kayaknya ._. kalo gak salah sih. yang kedua ini ada Delman Acappela dari angkatan #10 yang ini ada 6 personil juga.. nah yang ini juga sering banget tampil, gue sering liat soalnya disetiap acara keagamaan disekolah. nasyidnya bagus mereka juga udah punya seragam buat setiap tampil dari panggung ke panggung denger-denger sih mereka udah tampil diluar sekolah, tapi kurang tau lebih tepatnya dimana hehe ._. oiya mereka sering nyanyi lagunya michael jakson yang "you are not alone'' dengan style mereka yang unik hehe. ada lagi tuh namanyaaa Heaven Voice tapi gue kurang tau tentang heaven voice ini hfffff :( . yah gue gak tau nih pencetus pertama nasyid yang pertama di smanli siapa, pasti adaa.. tapi yang gue tau cuma itu aja -_-v .
oiya guys diangkatan #11 ini juga gak kalah kok ada grup nasyid juga kalo gak salah namanya BADAI Acappela duh kepanjangannya lupa nih apaan -,- . Hmm sepertinya saya kenal dengan semua personilnya :D . iyaaa kalo gak salah ada 5 personel  ada Zainu,Syafiq,Fahrezy,Dzikran,dan Agung . tuh hapal kaaan. iyalah ya wong kita pernah sekelas di kelas 10.
mereka tampil perdana waktu acara sanlat kemarin (tahun ajaran baru 2012-2013).
oiya nasyid pertama kali masuk ke Indonesia sekitar tahun 80'an.
ini ada beberapa nasyid yang ada di Indonesia

  • Snada
  • Opick
  • Hadad Alwi
  • Sulis
  • Izzatul Islam
  • Qatrunnada
  • Fatih
  • Gradasi
  •  AL Veoli
  •  Ed Coustic
  •  Shafix
  •  Shoutul Harokah
  •  Arruhul Jadid
  • Justice Voice
  • Suara Persaudaraan
  •  Sobaya
  • Syifa'
  • Cermin
  • Harum
  • Serumpun
  • Shoutul Khilafah
  • Embun
  • Dll   .  
(kelompok nasyid di atas ini gue copas di internet, dari beberapa nasyid di atas ini gue cuma tahu beberapa dari beberapanya ._. snada, opick, sulis, izzatu islam, justice voice,ed coustic itu aja sih yang lainnya belum tau nih ._. )

oiyaaa ada nih grub penta boys, mereka bernyanyi secara acappela.. alunan nadanya enak di denger. nih singgle pertamanya tuh yang judulnya "sayang bilang sayang". udah pada denger belum ? ini sedikit cuplikan lagunya
"Kalau cinta ya bilang cinta, kalau sayang ya bilang sayang
Jangan ditunda-tunda nanti diambil orang
Kalau cinta ya bilang cinta, kalau sayang ya bilang sayang
Jangan berpura-pura nanti kau kesepian''


ini para personel penta boyz


cukup deh segini dulu, buat selanjutnya liat nanti wakakakaka




You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts